line

Article

Insomnia

Mr. Bean nggak bisa tidur, lalu dia mengambil sebuah lukisan domba yang banyak sekali dombanya dan dia mulai menghitung domba-domba itu. Tapi karena dombanya terlalu banyak, dia gagal menghitung dan dia ulang lagi berkali-kali sampai dia kudu ngeluarin kalkulator buat ngitung dombanya.

Ada sebuah pesan kiriman SMS yang berbunyi:” if you can’t sleep, don’t count the sheep but you can talk to the Sheperd. (=Kalo kamu gak bisa tidur, gak perlu ngitung domba, tapi ngomong aja sama Gembala). Ada sebagian orang yang gampang banget pulas setelah cium bau bantal. Tapi, gak jarang ada juga yang menderita insomnia, susah tidur. Lalu apa alasan kita susah tidur, tentu saja alasannya macam-macam. Ada yang habis kesel ama orang lain, ada yang kecapean habis nguli di pasar, ada juga yang karena kepanasan apalagi akhir-akhir ini sering mati lampu, ada juga yang emang baru bisa tidur setelah ayam jantan berkokok, yah…aneka ragam penyebabnya. Tapi sebenarnya Tuhan sangat ingin kita bisa beristirahat dengan nyenyak karena Dia ingin kita hidup sehat dan penuh kedamaian.

Itu sebabnya Raja Daud memberi kita resep supaya kita bisa tidur dengan nyenyak.

“Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur…” (Mazmur 4:9)

Gak jauh beda dengan kiriman SMS itu, resepnya sama: bicaralah pada Tuhan, Sang Gembala, percaya pada janji Tuhan dan serahkanlah segala kekuatiran kita kepada-Nya.

Mazmur 4 : 8 “ Engkau telah memberikan sukacita kepadaku, lebih banyak daripada mereka ketika mereka kelimpahan gandum dan anggur. “

Ternyata Tuhan memberi sukacita pada Daud lebih banyak daripada orang lain yang kelimpahan gandum dan anggur. Artinya, kekayaan nggak bisa menjamin seseorang bisa tidur sampe ngiler-ngiler ... :)

Oleh sebab itu,... If you can’t sleep, don’t count the sheep but talk to The Sheperd.

Kalo kamu termasuk type orang yang susah tidur, malam ini mulailah dengan sesuatu yang baru. Bilang pada Tuhan kalo kamu pengen tidur nyenyak. Pasti Tuhan bakal memberi kenyamanan, ketenangan, keamanan, dan damai sejahtera saat engkau mau beranjak tidur.

Malam ini dan malam-malam seterusnya pasti engkau bisa tidur dengan begitu pulas, asalkan kita mau bicara dengan Gembala kita ( = berdoa ), percaya pada janji Tuhan dan menyerahkan segala kekuatiran kita kepadaNya, amen ?

Dan lagi ! Satu hal yang tidak boleh kita lupakan sebelum kita beranjak ke pulau kapok alias tidur adalah : merenungkan Firman Tuhan dan mengingat kembali akan segala kebaikanNya.

Yosua 1 : 8 “ Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam…”

Firman Tuhan itu perlu direnungkan, tidak hanya di siang hari, tetapi juga pada malam hari. Khususnya sebelum kita tidur, atau sebelum kita menutup sebuah hari, alangkah indahnya kalau kita bisa merenungkan kembali Firman Tuhan dan mengucap syukur atas segala kebaikanNya yang sudah IA berikan di sepanjang hari ini. Sebab ini juga yang dipesan oleh Daud dalam :

Mazmur 103 : 2 “ Pujilah Tuhan hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikanNya ! “

Janganlah lupakan segala kebaikanNya. Menutupi satu hari yang sudah kita lewati janganlah kita lupa merenungkan kembali akan segala kebaikan Tuhan. Sebab oleh kebaikan Tuhanlah kita bisa melewati sehari demi sehari hingga pada hari ini. Oleh karena penyertaan Tuhanlah kita bisa menikmati hari-hari yang ada. Oleh karena kemurahan Tuhanlah kita masih diberi perpanjangan umur hingga hari ini. So, apa yang harus kita lakukan menjelang kita tidur ? Renungkanlah kembali akan segala kebaikan Tuhan dan mengucap syukur kepadaNya.

Bila kita tahu menutup hari kita dengan berdoa, mengucap syukur, menyerahkan segala kekuatiran kita, percaya pada setiap janjiNya, merenungkan kembali akan FirmanNya dan kebaikanNya maka Amsal 3 : 24 mencatat: “ Jikalau engkau berbaring, engkau tidak akan terkejut, tetapi engkau akan berbaring dan tidur nyenyak. “

Amen ?

Nikmatilah tidurmu dengan nyenyak dan rasakanlah kebaikan Tuhan di sepanjang malam yang engkau lalui…

 

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form