line

Article

Kemacetan Rohani

Orang Kristen yang sungguh-sungguh, adalah orang Kristen yang rohaninya terus bertumbuh di dalam Tuhan. Kenyataannya saat ini walaupun sudah bertobat, bahkan sudah melayani Tuhan tetapi banyak juga orang Kristen yang tidak bertumbuh imannya. Iman yang tidak bertumbuh ini dapat kita sebut sebagai kemacetan rohani. Kenapa orang Kristen bisa mengalami kemacetan rohani? Berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kemacetan rohani kita.

1. Karena tidak mau diajar. Kalau kita menerima firman Tuhan yang keras, bagaimana reaksi kita? Apakah kita mau menerima ataukah kita memberontak? (lihat Ibr. 12:5-11). Kalau kita menerima, maka rohani kita akan semakin bertumbuh. Sebaliknya kalau kita menolak, maka semakin lama, rohani kita akan macet. Artinya teguran-teguran yang diberikan Tuhan lama-kelamaan sudah tidak dihiraukan lagi.

2. Karena kita tidak jaga pergaulan kita. Di dalam kehidupan ini, hanya ada dua kemungkinan, kita mempengaruhi atau kita dipengaruhi. Alkitab berkata pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik (1 Kor. 15:33). Kalau kita sudah jadi anak Tuhan, kita harus tegas dengan pergaulan kita. Karena lambat atau cepat, kalau kita bergaul dengan orang-orang yang tidak rohani, maka rohani kita akan kompromi dengan dunia.

3. Karena tidak mau pikul salib. Kalau seseorang menderita karena dosa dan kebodohan itu adalah bukanlah salib. Tetapi kalau karena kebenaran kita menderita (diejek, dimaki, dijauhi, disingkirkan, kehilangan), maka itulah salib. Contoh : Daniel yang tidak mau menjual imannya dengan menyembah patung. Pikul salib adalah kalau kita berani menolak untuk kompromi dengan dunia sehingga kita disingkirkan dan di tolak oleh dunia.

4. Karena tidak tegas dengan keinginan-keinginan (1 Yoh. 2:15-17). Keinginan yang tidak bisa dikendalikan akan membawa kepada dosa. Orang Kristen yang benar harus bisa mengendalikan keinginannya. Contoh orang yang tidak tegas dalam Alkitab adalah Salomo. Orang yang tidak punya keinginan tidak akan maju tetapi harus dikendalikan karena kita tidak akan pernah puas dengan keinginan kita.

Siapapun kita, kalau tidak hati-hati, akan mengalami kemacetan rohani. Tetapi kalau kita mau diajar, jaga pergaulan, pikul salib dan tegas terhadap keinginan-keinginan kita, maka iman kita akan bertumbuh dan rahasia kerajaan Allah akan dibukakan bagi kita.

Doa:Ya Allah, Bapa yang baik, mampukan kami untuk mengendalikan diri. Amin!

KEINGINAN YANG TAK TERKENDALI MENUMBUHKAN KERAKUSAN DAN KESOMBONGANBaik keinginan tahu yang tidak terkendali, keinginan sukses dan makmur yang tidak terkendali,

 

Banyak Diakses

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form