line

Article

Takut vs Iman

Keluaran 14 : 9-10 “Adapun orang Mesir, segala kuda dan kereta Firaun, orang-orang berkuda dan pasukannya, mengejar mereka dan mencapai mereka pada waktu mereka berkemah di tepi laut, dekat Pi-Hahirot di depan Baal-Zefon. Ketika Firaun telah dekat, orang Israel menoleh, maka tampaklah orang Mesir bergerak menyusul mereka. Lalu sangat ketakutanlah orang Israel dan mereka berseru-seru kepada Tuhan."

Saat bangsa Israel keluar dari Mesir, Firaun dengan pasukaannya mengejar mereka, dan saat itulah bangsa Israel dicekam oleh rasa takut. Lalu sangat ketakutanlah bangsa Israel,  mereka merasa begitu takut, sangat takut! sehingga mereka mulai berseru-seru kepada Tuhan. Perasaa takut ini ditebarkan oleh Iblis sebab Firaun itu gambar daripada Iblis. Firaun dan kereta berkuda berusaha mengejar bangsa Israel dan itu membuat mereka menjadi begitu takut, mereka dicekam perasaan takut.

I Petrus 5 : 8 “ Sadarlah dan berjaga-jagalah ! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. “

Perlu kita perhatikan: kekuatan dari Iblis itu hanyalah bagaikan singa yang mengaum-aum, tidak lebih dari itu. Auman singa, raungan singa, suara yang menggerang, suaranya saja yang membuat takut, membuat gentar. Kalau saya boleh tambahkan : “ Sadarlah dan berjaga-jagalah ! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa ompong. “ Singa yang giginya sudah copot, dia hanya mengeluarkan suara tetapi dia tidak punya kekuatan apa-apa lagi, dia tidak berdaya sebenarnya karna kita memiliki Yesus Kristus, Dialah singa dari suku Yehuda, Dialah tunas Daud dan Dia telah menang, AMEN ! Singa dari suku Yehuda lebih dahsyat, lebih hebat dari singa ompong yang mengaum-aum, suaranya menakutkan tapi giginya tidak ada.

Kita sebagai orang Kristen harus bangkit, jangan sampai ada suara-suara yang melemahkan kita yang ditebarkan oleh Iblis seperti singa yang mengaum-aum, membuat kita menjadi lemah. Lalu bagimana cara kita mengatasi singa yang mengaum-aum itu ? Ayat 9a “ Lawanlah dia dengan iman yang teguh, “ Lawanlah dengan IMAN yang teguh ! Ini penting ! Kalau kita melihat bagaimana kisah selanjutnya dari Keluaran 14 tadi, kita melihat Firaun mengejar bangsa Israel dan mereka dicekam rasa takut lalu bagaimana mereka mengatasinya ? Musa menghadapi Firaun dan kereta berkuda dengan IMAN yg TEGUH!

Keluaran 14 : 13 “ Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: “ Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari Tuhan yang akan diberikanNya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya."

Kata “ keselamatan “ itu adalah Yeshua. Tuhan memberikan keselamatan, perlindungan yang akan diberikanNya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya. Ini adalah kata-kata iman. Persoalan belum selesai, sebab Firaun masih berada di belakang, masih mengejar, proses mengejar itu masih sedang berlangsung tetapi Musa dengan IMAN ia berkata : Orang Mesir yang kamu lihat hari ini tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya, ini kata-kata iman.
 
Ayat 14 “ Tuhan akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja. “
Luar biasa sdr ! Kata-kata iman ! Persoalan belum selesai tapi ada kata-kata iman. Kadangkala yang kita khuatirkan itu sesuatu yang menjadi bayangan kita. Kita hanya khuatir terhadap apa yang akan terjadi nanti yang hanya merupakan rekaan kita, perkiraan kita, kita mereka-reka saja, sebab ketakutan itu adalah sesuatu yag sangat bertolak belakang dengan iman.

Kalau definisi iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Iman itu selalu positif, yang tidak baik menjadi baik, amen ? Iman itu percaya masa depan penuh harapan, itu iman, sekalipun tidak kelihatan. Dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat, yang belum kelihatan tapi dengan iman kita yakin oh persoalannya pasti beres, persoalannya pasti selesai seperti perkataan daripada Musa : “Orang Mesir yang kamu lihat hari ini tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya, Tuhan akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”

Itu kata-kata iman sementara persoalan belum selesai, Firaun masih di belakang, masih sedang mengejar mereka. Iman selalu mendatangkan masa depan yang baik, hal-hal yang poisitf, kelimpahan, keberhasilan, kejayaan, kesembuhan, TETAPI KETAKUTAN ITU BERTOLAK BELAKANG DENGAN IMAN!

Ketakutan itu juga dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat tapi bayangan yg tidak kita lihat itu adalah sesuatu yang mengerikan, adalah suatu kegagalan, suatu kehancuran total, sesuatu yang selalu negatif ! Ini, bertolak belakang dengan iman ! Itu sebabnya sebagai umat Kristiani kita harus berwaspada, ketakutan itu sering ditebarkan oleh Iblis. Tapi di sini kita lihat saat Musa memberikan kata-kata iman kepada bangsa Israel, apa yg terjadi sdr ?

Keluaran 14 : 30 “Demikianlah pada hari itu Tuhan menyelamatkan orang Israel dari tangan orang Mesir. Dan orang Israel melihat orang Mesir mati terhantar di pantai laut.“

Ini hasil dari kata-kata iman ! Benar-benar terjadi sesuai dengan iman kita ! Benar-benar terjadi sesuai dengan yang kita imani ! Sdrku, kalau yang namanya takut itu selalu membayangkan suatu kehancuran, kegagalan dan kemiskinan tapi iman itu justru membayangkan sesuatu yang luar biasa. Kemenangan, keberhasilan, kesembuhan, keselamatan dan kelimpahan. Itu sebabnya hindari perasaan takut itu, buang jauh-jauh !

Kalau saudara saat ini sedang diliputi perasaan takut akibat berbuat dosa, mari cepat akui itu di hadapan Tuhan dan kita akan diampuni. Atau perasaan takut yang dialami saudara saat ini datang karna intimidasi dari Iblis, mari kita lawan dia dengan IMAN yang teguh. Problema apapun yang sedang menimpa kita saat ini, mari hadapi dengan IMAN yg teguh, sekalipun problema belum selesai tapi dengan iman, katakan : “Persoalanku sudah selesai, Yesus Kristus telah menyelesaikannya bagiku,” AMEN!

Mazmur 138 : 8a “Tuhan akan menyelesaikannya bagiku!“   Amen! Inilah kata-kata iman yang sanggup menghalaukan segala ketakutan yang ada. Katakan dengan iman : “TUHAN AKAN MENYELESAIKANNYA BAGIKU !” Ketakutan apakah yang engkau hadapi saat ini? Mari, ucapkan kata-kata iman, dan pandanglah Tuhan, sebab di sanalah letak kekuatan kita, saat kita memandang Tuhan, dan saat kita percaya kepadaNya dan mengucapkan kata-kata iman maka semuanya akan terjadi sesuai dengan iman kita.

Tuhan akan berperang bagimu dan engkau akan tinggal diam saja, Tuhan akan menyelesaikannya bagimu dan engkau akan melihat persoalanmu telah diselesaikanNya. Sebab DIA Tuhan selalu peduli pada kita, Dia selalu memperhatikan kita, jangan ada lagi rasa takut. Jalanilah hidupmu dengan tanpa ketakutan. Gantikan rasa takut yang ada padamu dengan IMAN yg TEGUH, dan engkau akan melihat dalam segala persoalan Tuhan selalu campur tangan. AMIN.

Buang rasa takut dan milikilah iman yg teguh  untuk menghadapi hidup ini…

 

mengenai AirHidup

Menyediakan kebutuhan rohani dengan menggunakan sarana internet. Tujuan kami tidak lain adalah mendukung anak-anak Tuhan dimanapun mereka berada dalam pengenalan akan DIA.

Anda dapat menghubungi kami melalui link dibawah ini.

kontak form