Life

Hidup Dalam Penyertaan Allah

Fig 30 09 2019 09 32 34 1

Banyak orang dengan mudah menyatakan bahwa hidupnya disertai Allah. Tetapi gaya hidupnya tidak membuktikan hal itu; tindakan tidak sesuai dengan perkataan. Fakta ini jelas menegaskan bahwa hidup seperti yang telah digambarkan diatas bukanlah ciri hidup yang ada dalam penyertaan Allah. Kalau begitu, apa ciri khas hidup yang disertai Allah? Satu-satunya sumber dan dasar untuk menjawab pertanyaan ini ialah Alkitab. Dalam bacaan kita hari ini, Paulus menuliskan dua hal penting yang merupakan ciri utama sekaligus langkah atau tahap untuk hidup dalam penyertaan Allah, antara lain:

1. Berpikir sesuai kehendak Allah (Filipi 4:8)
Untuk mengalami penyertaan Allah, orang percaya harus mengarahkan pikirannya pada semua yang benar (hal-hal yang pas dengan standar Allah), semua yang mulia (layak dihormati), semua yang suci (jujur), semua yang adil (kewajiban terhadap Allah dan terhadap sesama), semua yang manis (hal-hal yang indah), semua yang sedap didengar (menerima dan meneruskan laporan yang baik, bukan gosip), semua yang disebut kebajikan, dan semua yang patut dipuji. Hal-hal ini saling bertalian, tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Meniadakan satu hal sama dengan meniadakan semuanya. Dan itu berarti hasil yang dicapai tidaklah sempurna. Kita tidak boleh memilih untuk melakukan satu hal saja dan mengesampingkan yang lain; semua harus dilakukan.

2. Meneruskan teladan orang percaya (Filipi 4:9)
Mengembangkan gaya hidup sesuai dengan gaya hidup orang percaya atau rasul-rasul adalah langkah selanjutnya untuk hidup dalam penyertaan Allah. Hal ini terfokus pada persoalan-persoalan etika (moral). Tentu saja hal-hal yang memuliakan Allah. Apa yang sudah dipelajari, diterima, didengar, dan dilihat harus diterapkan dalam hidup kita. Inilah cara dan ciri khas hidup yang ada dalam penyertaan Allah. Bagaimana dengan kehidupan kita, apakah kita sudah hidup dalam penyertaan Allah? Sudahkah kita mengambil tindakan yang mengarah pada hidup dalam penyertaan Allah? Mari kita renungkan bersama-sama!

Advertisements
Deeper Journey, Faith

Kaya dan Diberkati

Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya. Amsal 10:22 Kaya biasanya diartikan…
Fig 15 10 2018 06 21 51 1
Life, Love & Relationship

Poligami Bukan Rancangan Allah

Monogami rancangan, ketetapan dan anugerah Allah yang asli dan suci. Poligami kecenderungan kedagingan manusia sedang…
Fig 28 10 2018 23 08 05 1
Life

Menjelang & Sesudah Natal

Selain itu sudah tidak heran para pencopet, penjual asongan, pengamen, tukang Ojek bakal panen besar.…
Fig 02 12 2019 01 44 15 1