Kuasa Doa Fajar

TB Mazmur 5:4: Tuhan, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu. TB Markus 1:35: Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia (Yesus) bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa disana. Banyak kejadian dashyat terjadi di waktu fajar: Tembok Yerikho yang tangguh runtuh, bangsa Israel dapat menyeberang di tengah Laut Merah, bangsa Israel bebas dari bangsa Mesir setelah terjajah selama 430 tahun, keluarga Lot selamat dari hujan api yang memusnahkan seluruh penduduk kota Sodom dan Gomora, Yakub beroleh nama baru yang digunakan sebagai nama bangsa Israel hingga kini, Gideon mengalahkan 120.000 musuh dengan 300 prajurit; terakhir, Yesus selalu memulai hariNya dengan berdoa di saat fajar bahkan sampai hari Ia disalibkan.

Bila kita amati lebih lanjut di dalam Alkitab, banyak mukjizat dialami oleh bangsa Israel dan orang percaya di perjanjian baru terjadi di waktu fajar. Contoh satu lagi, bagaimana jemaat mula-mula menunggu datangnya Roh Kudus hinggap pada mereka di hari Pentakosta, di saat fajar. Kejadian-kejadian yang menunjukkan Allah melakukan keajaiban saat fajar tidak terbatas pada contoh diatas tetapi tersebar di seluruh Alkitab. Mungkin, kita beranggap kemenangan di waktu fajar ini hanyalah suatu kebetulan. Bila demikian, mengapa Alkitab secara konsisten mencatat banyak kejadian menakjubkan terjadi di rentang waktu fajar? Tentu Allah menginginkan kita mengerti kuasa tersembunyi di balik waktu fajar. Waktu fajar memiliki makna yang penting karena waktu ini merupakan jam pertama di setiap harinya.

Alkitab mencatat segala yang pertama menandakan kepunyaan Allah: anak pertama, persembahan pertama, tuaian pertama, hari pertama di bulan pertama. Karena itu, dengan mempersembahkan bagian yang pertama kepada Allah, Ia berjanji akan memberkati sisa bagian yang kita miliki. Allah ingin kita mengerti rahasia ini. Karena itu, dengan mendedikasikan waktu fajar atau jam pertama ini, Allah akan memberkati kita supaya mengalami kemenangan demi kemenangan di sepanjang hari.

Prinsip ini bila kita bandingkan sama dengan perpuluhan, hanya kini yang dipersembahkan adalah waktu pertama/terbaik kita. Lalu, tepatnya pukul berapa rentang waktu fajar agar dapat mempersembahkan dengan tepat? Berbeda dengan waktu yang kita gunakan umumnya dimana pergantian hari terjadi pada pukul 12 malam, kitab Kejadian mencatat pergantian hari terjadi antara pukul 5 – 6 pagi, saat gelap berlalu dan terang datang (Kejadian 1:5). Di waktu inilah waktu fajar – jam pertama di hari yang baru terjadi. * Dedikasikan waktu fajar kita kepada Allah dan peroleh kemenangan di sepanjang hari.

No Comments Yet

Comments are closed

X