Natal Membuat Hidup Kita Bermakna

Sebuah sukacita  ketika kita masih dilayakkan oleh Tuhan untuk merayakan Natal saat ini, sebab Natal mengingatkan kita betapa Allah membuat hidup kita bermakna melalui peristiwa kelahiran Putra Allah di dalam sejarah manusia. Pemaknaan tersebut adalah:

1. Melalui Natal Allah memaknai Kekristenan sehingga berbeda dengan agama lain.
Pengertian agama secara umum adalah usaha manusia mencari Allah sedangkan didalam Kekristenan, Alkitab menjelaskan bahwa tidak ada seorang manusiapun yang dapat mencari Allah, namun sebaliknya Natal membuktikan bahwa Allahlah yang berinisiatif untuk mencari manusia. Sebab didalam keberdosaan manusia tidak ada seorangpun yang dapat kembali kepada Allah. Oleh karena itu Natal adalah sebuah momentum yang sangat berarti bagi manusia untuk kembali kepada Allah serta mengenal Allah secara benar dan jelas.

2. Natal merupakan titik awal manusia dibebaskan dari perhambaan dosa dan maut.
Peristiwa Natal harus mendahului peristiwa Kalvari dan kebangkitan Kristus, karena tanpa  peristiwa Natal, maka peristiwa Kalvari dan kebangkitan Kristus tidak mungkin terwujud. Ketiga peristiwa ini adalah suatu rentetan kejadian yang merupakan sebuah bukti kemenangan Kristus atas dosa dan maut, maka selanjutnya kemenangan Kristus atas dosa dan maut, menjadi jaminan bagi orang percaya bahwa mereka tidak lagi diperhamba oleh dosa dan maut tetapi menjadi hamba kebenaran atau hamba Allah (Roma 6:17-19,22).

3. Natal membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan Keselamatan.
Allah yang turun kedalam dunia didalam pribadi Yesus Kristus dalam peristiwa Natal, membuktikan bahwa, tidak ada jalan lain yang menjadi mediator bagi manusia  untuk  manusia kembali kepada Allah dan diselamatkan. Kecuali didalam Yesus Kristus. Sebab semuanya sudah tercantum dalam Yohanes 14:16. Yesus berkata: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa tanpa melalui Aku. Serta Rasul Petrus secara tegas menekankan dalam Kisah Para Rasul 4:12 Dan keselamatan tidak ada didalam siapapun juga selain didalam Dia (Yesus Kristus), sebab dibawah langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

Biarlah melalui ibadah dan perayaan Natal tahun ini, hidup kita semakin bermakna untuk hormat dan kepujian bagi nama Tuhan.

No Comments Yet

Comments are closed

X

Send this to a friend