Deeper Journey, Faith

It is Well with My Soul

Fig 20 08 2018 22 24 43 1

Bacaan: Mazmur 42:1-11

“Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!”

(Mzm 42:5)

Bacaan Mazmur 42 di atas, dimulai dengan ayat yang terkenal dan dijadikan lagu rohani populer, “Seperti rusa rindu sungaiMu, jiwaku rindu Engkau..” Yang kadang terlewatkan, adalah ayat-ayat berikutnya. Jika kita terus membaca kita akan menemukan kalau mazmur ini adalah mazmur yang ‘berat’ dan penuh dengan pergumulan.

Air mataku menjadi makananku, seperti tikaman maut ke dalam tulang, demikian keluhan Raja Daud. Singkatnya, mazmur ini bukan menggambarkan kerinduannya kepada Tuhan, saat semuanya baik-baik saja. Mazmur ini adalah ungkapan pergumulan yang jujur, dengan segala keluh kesah, yang dibawa dengan penuh kerinduan kepada Allah.

Satu saat hiduplah seorang yang sangat sukses bernama Horatio Spafford. Dia dilanda musibah yang menghabiskan sebagian besar kekayaannya. Beberapa tahun kemudian, isteri dan semua anak-anaknya pergi berlayar, namun tak disangka, kapal mereka mengalami kecelakaan. Ke-empat anak gadisnya meninggal, hanya istrinya yang selamat.
Horatio pun berangkat menyusul pergi untuk menemui istrinya yang berduka.

Malam itu ia menuliskan lirik lagu “It is well with my soul”. Di tengah derita, kesukaran, luka-luka di dunia ini, Horatio dapat tetap merasakan limpahan kasih Tuhan. “Sekalipun duka menggulung bak samudera, “ tulisnya, “…. Tetaplah tenteram dalam jiwaku”. Di tengah neraka dunia, dia tetap merindukan dan mencari Allah, seperti rusa merindukan air.

Dapatkah kita tetap merindukan Allah, bahkan di tengah keadaan yang paling buruk sekalipun? – HSL

Apapun bagianku, Tuhan telah mengajarku, tenteramlah jiwaku | Horatio Spafford

Advertisements
Deeper Journey, Faith, Life

Kuasa Dibalik Ucapan Syukur

"Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." I Tesalonika 5:18 Kata "Mengucap…
Fig 24 10 2018 22 43 43 1
Deeper Journey, Faith

Tuhan Menggendong Anak-anakNya

Aku menggendong kamu, Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus, Aku mau memikul kamu…
Fig 30 10 2018 09 32 54 Boost 1
Life

Menjelang & Sesudah Natal

Selain itu sudah tidak heran para pencopet, penjual asongan, pengamen, tukang Ojek bakal panen besar.…
Fig 02 12 2019 01 44 15 1