Topics
Faith, Life
Reading Time
1 minute
Share this article

Jangan Mengutuki

reading time: 1 minute
Setiap pagi saya berangkat ke kantor, saya melewati sebuah perempatan jalan yang cukup ramai. […]

Setiap pagi saya berangkat ke kantor, saya melewati sebuah perempatan jalan yang cukup ramai. Tidak ada traffic light dan jarang ada polisi, yang ada polisi cepekan. Ada 3 orang polisi liar yang bertugas secara bergantian, salah satunya seorang bapak tua. Diantara yang lain, bapak tua ini yang paling menjengkelkan sebab dia selalu minta uang dengan mengetok-ngetok kaca mobil. Jika tidak diberi uang dia akan mengomel. Kalau mobil mau lewat dia bukannya sibuk menyetop kendaraan dari arah lain tapi dia sibuk mengejar uang dan sengaja menghalangi jalan. Jalan jadi semakin ruwet dengan ulahnya itu.

Setiap melewati jalan itu kalau saya melihat dia saya justru ambil ancang-ancang untuk sengaja tidak memberi uang padanya dan saya sering jengkel melihat sikapnya yang mengomel dengan suara keras. Dan selalu sukacita saya jadi hilang setelah melihat bapak itu.

Sampai suatu ketika Tuhan mengingatkan firmanNYA, berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk. Sejak saat itu setiap saya melewati jalan itu saya berdoa agar Tuhan memberkati bapak itu. Kalau setiap orang yang melalui jalan itu menjadi marah dan mengutuki bapak tua itu, betapa malangnya dia. Sudah hidupnya susah, semakin susah karena dikutuki banyak orang. Sekarang saya melewati jalan itu dengan damai sejahtera, tidak peduli apakah bapak itu ada atau tidak.

Saudaraku, Yesus memilih diam dan tidak membalas orang-orang yang mencaci, menganiaya, menghina Dia. Bahkan Dia memberkati orang-orang itu. Harga diri Tuhan Yesus Kristus tidak menjadi berkurang dengan segala perlakuan keji itu. Tapi justru Dia ditinggikan dan dimuliakan karena respon yang dilakukanNya. Bagaimana dengan kita? maukah kita mengambil sikap sama seperti Tuhan Yesus Kristus? Bukankah kita diciptakan segambar dan serupa dengan Dia?

Topics
Faith, Life
Deeper Journey, Faith
Be Positive
Jadi akhirnya saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang […]
Faith, What Matters
Yang Terbesar Adalah Kasih
Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar […]
Career, Deeper Journey, Faith, Life
Setia Dalam Perkara Kecil
Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan […]